Kamis, 25 November 2010

DEDIKASI IDA KUSUMAH UNTUK AKTING HINGGA NAFAS TERAKHIR

DEDIKASI IDA KUSUMAH UNTUK AKTING HINGGA NAFAS TERAKHIR. Indonesia berduka, secara mengagetkan bintang film legendaris Ida Kusumah meninggal Kamis (25/11/2010) malam di lokasi syuting 'Cinta Fitri'. Ida menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 71 tahun meninggalkan 56 film yang pernah dibintanginya.

Wanita yang bernama asli Siti Endeh Ida Hendarsih Atmadi Kusumah pertama kali memulai memasuki dunia showbizz pada tahun 1955. Ketika itu, wanita yang menikah dua kali ini bermain di film berjudul 'Puteri Revolusi' arahan sutradara Ali Yugo.

Di film tersebut Ida beradu akting dengan aktor terkenal Sukarno M. Noor yang merupakan ayah dari aktor Rano Karno. Setelah itu tawaran main film mengalir dengan deras ke wanita kelahiran 31 Agustus 1939 itu.

Berbagai film yang dibintanginya hingga sekarang menjadi legenda mulai dari 'Catatan Si Boy II', 'Si Kabayan' dan 'Gadis Kota' hingga 'Olga dan Sepatu Roda' telah mencetak nama wanita ini kedalam sejarah besar perfilman Indonesia. Berita meninggalnya Ida, cukup mengagetkan banyak pihak.

"Shireen lagi di lokasi nangis-nangis. Dia tadi telepon masih shock, jadi belum bisa cerita banyak. Aku cuma bisa nenangin dia aja, memang kejadiannya pas syuting," ujar Fanny Bauty, ibunda Shireen Sungkar saat dihubungi detikhot melalui telepon, Kamis (25/11/2010) malam.

DEDIKASI IDA KUSUMAH UNTUK AKTING HINGGA NAFAS TERAKHIR. Shireen Sungkar sendiri adalah salah satu pemain sinetron Cinta Fitri yang bermain bersama Ida Kusumah. "Saya hanya bisa menenangkan Shireen tadi dia belum bisa menceritakan kejadiannya," lanjutnya.

Di dunia akting, aktris yang juga membintangi film 'Ratu Ular' ini kebanyakan mendapat peran antagonis yang membuatnya banyak dibenci para penontonnya. Tapi kalau dilihat dari sisi seni, anggapan negatif itu malah menunjukan keberhasilan Ida Kusumah menjiwai setiap peran yang ia dapatkan.

Total sudah 56 film dan 2 sinetron berhasil dibintangi Ida Kusumah selama 55 tahun kariernya di industri perfilman Indonesia. "Kaget banget, lagi dilihat sinetronnya, Oma dikabarkan meninggal," ungkap pembaca detikHot bernama Lucky Anggraeni.

Dan hingga akhir hayatnya, pemain film Cintapuccino ini terus menunjukan dedikasi yang tinggi. Bahkan Ida menghembuskan nafas terakhir ketika menyelesaikan tugasnya sebagai Oma di sinetron 'Cinta Fitri' yang saat ini masih tayang di televisi.

DEDIKASI IDA KUSUMAH UNTUK AKTING HINGGA NAFAS TERAKHIR. "Hidup dia untuk 'Cinta Fitri'. Dia itu banyak sekali tawaran, tapi dia mengaku nggak diambil, itulah integritas dia untuk 'Cinta Fitri'," ujar Produser 'Cinta Fitri' Manoj Punjabi yang ditemui di rumah duka, Perumahan Mahkota Mas blok O6 No. 17,  Cipondoh, Tangerang, Jumat (26/11/2010).

Ketika sedang proses syuting Cinta Fitri season 6, kru mencoba membangunkan Ida Kusumah yang sedang menunggu giliran take. Namun ketika dibangunkan, Ida Kusumah ternyata sudah tidak sadar. Dan ketika dibawa ke Rumah Sakit Puri Cinere sekitar pukul 20.30 WIB, ia sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

Kejadian ini tentu membuat kaget banyak pihak. Apalagi, 'Cinta Fitri' saat ini sudah dipenghujung episode dan menurut jadwal yang ditetapkan, syuting akan berakhir pada hari Sabtu (27/11/2010).

Selamat jalan Oma, semoga mendapat tempat yang layak disisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar